Tips/ Cara Agar Tidur Sehat Dan Bisa Mengatasi Sulit Tidur

Untuk mengoptimalkan produktivitas, dibutuhkan tidur yang berkualitas, karena kualitas tidur merupakan sumber kesegaran, tenaga dan vitalitas. Kualitas tidur adalah kebutuhan mutlak yang sama pentingnya dengan makanan bergizi dan olahraga. Bila setiap hari mengalami insomnia, tentunya akan berpengaruh pada kondisi yang kurang fresh pada keesokan harinya.
Berikut ini ada beberapa tips ampuh cara tidur sehat yang akan membantu mengatasi susah tidur:

1. Disiplin
Selalu tidur pada waktunya. Agar jam biologis tubuh tetap, bangunlah pada waktu yang sama, meski kurang tidur sekalipun. Usahakan untuk menjaga keteraturan tidur dan bangun pagi baik hari kerja maupun hari libur.

2. Olah raga teratur
Merupakan obat mujarab untuk menetralisir ketegangan fisik dan fikiran. Hal ini sedikit banyak dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Cukup lakukan sedikit olahraga ringan. Waktu ideal untuk berolah raga adalah pagi, sore atau maksimum menjelang petang.

3. Suasana dan Ritual
Ciptakan suasana yang nyaman. Jaga kelembaban dan suhu udara kamar tidur. Usahakan sedemikian rupa, saat pagi datang matahari akan masuk ke kamar. Sebelum tidur usahakan rileks dan tidak banyak berfikir. Lakukan ritual yang menyenangkan, seperti mendengar musik lembut sambil membaca bacaan ringan. Sesuaikan juga penerangan ruang tidur.

4. Kualitas Bukan Kuantitas.
Tak masalah jika hanya tidur 5 jam misalnya, asal merasa cukup segar. Jika sudah merasa cukup tidurnya, lebih baik gunakan waktu untuk melaksanakan kegiatan lain.

5. Jangan tidur dalam keadaan lapar atau kekenyangan
Berusaha semaksimal mungkin untuk menghindari tidur karena kelelahan dan bukan pada jam tidur. Jangan tidur dalam keadaan lapar atau kekenyangan. Hindari juga ngemil dengan kandungan lemak tinggi karena membutuhkan waktu lebih lama untu di cerna.

Nah, demikian beberapa tips ampuh cara tidur sehat, semoga bermanfaat.

Tips/ Cara Agar Tidur Sehat Dan Bisa Mengatasi Sulit Tidur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: S.k.d

0 komentar: