Makanan dan Minuman Untuk Mengatasi Sulit Tidur (Insomnia)

Bagi Anda yang mengalami permasalahan sulit tidur atau insomnia, barangkali itu menjadi sebuah permasalahan yang tidak bisa dianggap remeh. Ada banyak dampak yang bisa ditimbulkan karena kurang tidur, misalnya saja pengaruhnya terhadap kesehatan dan juga dapat meningkatkan resiko kecelakaan saat berkendara di jalan raya, karena mengendara saat mengantuk bisa membahayakan keselamatan. Oleh karenanya, segera mungkin kita cari solusi agar permasalahan sulit tidur bisa segera tertangani.
Sulit Tidur / img: www.waspada.co.id
Ada banyak obat dipasaran yang bisa mengobati insomnia, namun akan lebih baik kalau menggunakan makanan yang dapat meningkatkan kualitas tidur kita dan mengatasi insomnia. Apa saja makanan tersebut?, berikut ini makanan yang dapat mengatasi insomnia seperti dilansir oleh Daily Health Post (09/03).

1. Almond
Kekuarangan magnesium bisa menjadi faktor sulit tidur, oleh karenanya kita butuh makanan yang mengandung magnesium agar dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Almond merupakan salah satu sumber magnesium yang baik dan bisa membantu meningkatkan kualitas tidur. Makanan lain yang banyak menandung magnesium diantaranya: biji labu, cokelat gelap, dan daun-daun berwarna hijau.

2. Jus ceri
Menurut penelitian, menkinsumsi jus ceri dapat meningkatkan kualitas kualitas dan waktu tidur pada orang dewasa yang mengalami insomnia, karena jus ceri mengandung hormon tidur, melatonin, dan asam amino yang bisa memicu rasa kantuk. Dengan mengkonsumsi jus ceri, orang dewasa rata-rata mendapatkan tambahan waktu tidur hingga 84 menit per malam.

3. Teh chamomile
Kenapa teh chamomile dapat mengatasi insomnia?, karena teh chamomile merupakan minuman yang menyehatkan dan dapat menenangkan pikiran. Menurut penelitian terungkap bahwa mengonsumsi teh chamomile sebelum tidur bisa membuat orang cepat terlelap dan memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Oleh sebab itu, teh ini sangat cocok untuk dikonsumsi menjelang tidur.

4. Buah kiwi
Menurut penelitian yang dilakukan di Taiwan, ditemukan bahwa dengan mengkonsumi dua buah kiwi sebelum tidur bisa meningkatkan kualitas tidur dan menambah jam tidur hingga satu jam per malam. Orang yang berpartisipasi dalam penelitian ini lebih cepat terlelap dibandingkan dengan partisipan yang tak mengonsumsi buah kiwi.

5. Rumput laut
Rumput laut dan makanan laut mengandung omega-3 DHA, yang dapat memperkecil resiko gangguan tidur. Menurut penelitian di University of Oxford menemukan bahwa anak-anak yang makan rumput laut memiliki kualitas tidur yang lebih baik dibandingkan dengan anak-anak yang tidak makan rumput laut

6. Walnut
Makanan yang dapat membantu mengatasi permasalahan insomnia lainnya adalah Walnut, karena makanan ini merupakan sumber yang baik dari melatonin, hormon yang dapat membantu cepat tidur. Makan segenggam walnut sebelum tidur bisa meningkatkan kualitas tidur dan mempercepat seseorang untuk terlelap, hal ini didasarkan atas penelitian yang dilakukan di University of texas.

Demikian beberapa jenis makanan serta minuman yang bisa membantu proses tidur dan mengatasi insomnia, selain enak dikonsumsi, makanan dan minuman tersebut juga dapat meningkatkan kualitas tidur.Tentu saja selain makanan dan minuman diatas masih ada jenis makanan/ minuman lain yang bisa membantu saat mengalami permasalahan sulit tidur, semoga dapat membantu permasalahan Anda. Semoga bermanfaat.

Makanan dan Minuman Untuk Mengatasi Sulit Tidur (Insomnia) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: S.k.d

0 komentar: