Keuntungan Dan Kerugian Tidur Siang Bagi Tubuh Manusia

Tidur merupakan sebuah kebutuhan pokok bag manusia, tubuh membutuhkan istirahat, manusia memerlukan waktu khusus untuk mengambalikan kebugaran dan menjaga siklus hidup agar tetap berjalan. Biasanya tidur dilakukan pada malam hari, namun tak jarang aktifitas tidur juga dilakukan pada siang hari. 

Bagi sebagian orang, tidur siang merupakan sebuah aktivitas yang rutin dikerjakan. Tapi, ada juga yang tidak punya waktu untuk melakukannya, dengan alasan satu dan lain hal. Dengan tidur siang, ada keuntungan yang bisa diperoleh tubuh, namun perlu diketahui pula tentang kerugian yang bisa ditimbulkan oleh aktifitas tidur siang. Seperti yang saya baca dari detikhealth.com, berikut ini keuntungan dan kerugian tidur siang:

Keuntungan tidur siang 
  • Tidur siang bisa mengurangi gejala kelelahan yang timbul serta membuat seseorang lebih produktif setelah bangun tidur.
  • Tidur siang selama 45 menit bisa membantu meningkatkan fungsi memori, hal ini didasarkan pada studi di tahun 2008. Sedangkan pada penelitian sebelumnya menemukan tidur siang menurunkan tekanan darah.
  • Bagi orang dewasa yang sehat, tidur siang bisa memberikan relaksasi, meningkatkan suasana hati, meningkatkan kinerja termasuk reaksi yang lebih cepat serta mengurangi angka kecelakaan.
  • James Wyatt, direktur Sleep Disorders Service and Research Center dari Rush University Medical Center di Chicago menuturkan orang dengan narkolepsi (serangan tidur mendadak) akan mendapatkan manfaat dari tidur siang.
Kerugian tidur siang
  • Jika memiliki insomnia, maka tidur siang bisa menimbulkan masalah karena akan memperburuk gangguan tidur yang dimiliki saat malam hari. Ralph Downey III, direktur Sleep Disorders Center di Loma Linda University Medical Center di California menuturkan sedikit tidur siang bisa berdampak pada insomnia di malam hari.
  • Setelah tidur siang biasanya seseorang akan merasakan pusing dan bingung karena tubuh cenderung mempertahankan diri dalam keadaan istirahat atau hanya sedikit bergerak.
Tidur selama 10-30 menit akan lebih baik agar bisa mendapatkan manfaat dari tidur siang, karena semakin lama tidur bisa membuat orang semakin pusing saat bangun, dan ciptakan lingkungan yang tenang dan nyaman. Sebelum melanjutkan kegiatan, terutama jika membutuhkan respons yang cepat atau akurat, berikan sedikit waktu bagi tubuh untuk beradaptasi setelah tidur siang, karena itu perkirakan waktu kapan harus bangun.

Demikian plus minus dari tidur siang bagi tubuh, semoga kita bisa mengambil sebuah kesimpulan sehingga bisa memanfaatkan momen tidur siang dengan sebaik mungkin, agar tubuh benar-benar terjaga kebugaran dan kesehatannya. Semoga bermanfaat.

Keuntungan Dan Kerugian Tidur Siang Bagi Tubuh Manusia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: S.k.d

0 komentar: