Yang Perlu Dilakukan Oleh Ibu Hamil

Bagi Anda yang saat ini sedang hamil, mungkin perlu memperhatikan betul kondisi kesehatan diri sendiri dan juga kandungan agar nantinya ibu dan bayi sehat dan selamat dalam proses persalinan. Selain itu, perlu pemeriksaan secara teratur untuk mengetahu perkembangan janin dan kesehatan ibu. 

Berikut ini ada beberapa hal yang perlu dilakukan ibu hamil, diantaranya adalah:
  • Periksa hamil secara teratur atau secepat/sesering mungkin sesuai dengan anjuran petugas. Hal ini dimaksudkan agar ibu, suami, dan keluarga dapat mengetahui secepatnya jika ada masalah yang timbul pada kehamilan.
  • Setiap periksa timbang berat badan. Hal ini untuk memastikan bahwa perkembangan berat badan bertambah sesuai dengan pertumbuhan bayi dalam kandungan.
  • Selama hamil minum 1 tablet tambah darah. Hal ini untuk mencegah kekuarangan darah pada ibu.
  • Minta imunisasi Tetanus Toksid kepada petugas kesehatan. Imunisasi Tetanus Toksid untuk mencegah penyakit tetanus pada bayi baru lahir.
  • Minta nasehat pada petugas kesehatan tentang makanan bergizi selama hamil. Dengan mekan makanan yang bergizi bisa membuat ibu dan bayi sehat.
  • Sering mengajak bicara bayi sambil mengelus-elus perut setelah kandungan berumur 4 bulan.
Nah, demikian beberapa hal yang perlu dilakukan oleh ibu hamil. Sebagai catatan, segera periksa ke bidan atau dokter jika sakit batuk lama (TBC), demam menggigil seperti malaria, lemas, berdebar-debar, gatal-gatal pada kemaluan atau keluar keputihan dan berbau. Semoga bermanfaat.

Yang Perlu Dilakukan Oleh Ibu Hamil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: S.k.d

1 komentar:

Anonymous said...

wah, keren nih artikelnya...