Ingin Puasa Lancar? Tips Menjalankan Ibadah Puasa Agar Puasa Baik dan Lancar

Selamat Menjalankan Ibadah Puasa
Bulan Ramadhan merupakan bulan suci bagi umat muslim di seluruh dunia, di bulan ini, umat muslim menjalankan ibadah puasa. Dari referensi yang saya baca, ada beberapa tips yang mungkin bisa di lakukan agar puasa berjalan lancar, diantaranya:
  • Segerakan berbuka bila waktunya sudah tiba, karena setelah seharian berpuasa tentunya tubuh kehilangan banyak energi, dan dengan berbuka tentunya akan memulihkan energi yang terkuras. Awali berbuka dengan minuman dan makaan ringan yang berkadar gula cukup, agar kadar gula darah kembali normal. Jangan terlalu menuruti keinginan, makan secara bertahap dan minumlah susu untuk melengkapi menu berbuka puasa agar tubuh kembali segar.
  • Selalu bersantap sahur, karena santap sahur sangat penting sebab saat berpuasa tubuh tidak mendapatkan asupan gizi kurang lebih selam 14 jam. Saat santap sahur, pilih menu makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, serat, dan hindari makanan yang manis. Nasi, lauk, sayur, dan untuk memenuhi kebutuhan energi jangan lupa minum susu.
  • Mengkonsumsi air yang cukup, karena 60% tubuh manusia terdiri dari air, maka dari itu air sangat di perlukan untuk membantu metabolisme tubuh.
  • Berolah raga, hal ini dimaksudkan untuk menjaga agar peredaran darah tetap lancar dan fit beraktivitas, dengan olah raga yang ringan yang tidak membutuhkan banyak energi. Olah raga sebaiknya di lakukan saat menjelang berbuka puasa.
Demikian beberapa tips yang saya sarikan, mungkin saja masih banyak tips yang lain, Anda bisa mencari referensi tambahan dari sumber lainnya. Semoga bermanfaat.

Ingin Puasa Lancar? Tips Menjalankan Ibadah Puasa Agar Puasa Baik dan Lancar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: S.k.d

0 komentar: